Hantu Parau dan Petuahnya

Sahabat Al-ardvici kita mau mendongeng nih..dengarin ya.. loh baca aja maksudnya..

Dahulu kala ada seorang pemburu pergi ke hutan untuk menjerat binatang. Ketika di hutan pemburu tersebut memasang jeratan dan meninggalkan untuk dilihat besok harinya., akan tetapi anehnya jerat tersebut lepas tetapi tidak ada binatang yang terjerat. Pemburu tersebut bingung masalahnya kejadian itu berualang-ulang kali.

Akhirnya sang pemburu memiliki akal untuk memasang kembali jeratanya akan tetapi jeratan itu ditunggunya dari jauh dan dia beri sebuah singkil yakni gelang kecil rotan yang dia letakkan di sekitar jeratan dan ternyata setelah ditunggu beberapa saat munculah sesosok makluk kecil berambut panjang berukuran anak kecil tetapi bermuka orang tua. Makhluk itu ternyata adalah hantu parau dan ternyata Hantu Parau tersebut tertarik dengan singkil yang dipasang dan memakainya di kedua pergelangan tangannya dan kedua kakinya dan tanpa disadarinya Hantu parau tersebut terjerat oleh jeratan sang pemburu tadi. Lalu Sang Pemburu tadi menghampiri Hantu Parau tersebut. Lalu Hantu Parau berkata, “Kalau engkau ingin membunuh aku maka bunuhlah aku tetapi sebelumnya dengarkan dahulu pesanku”  lalu sang pemburu tersebut mendengarkan pesan dari hantu parau tadi. Pesan Hantu parau tersebut adalah sebagai berikut.

““ Manusio bekale Dusun, Ikan bakale sunge, binatang bakale utan. Anak-anak dak peduli samo rang tuo, sanak sodaro jadi rang laen, rang laen jadi sanak sodaro. Rundingan dak turut menurut (tidak ada kesepakatan), buah-buahan dak bemusim, kito makan dak do meraso puas, Jenis kotak biso bebunyi, kamu-kamu dakdo bejalan tegak (Bejalan Duduk).”

Akhirnya setelah mendengar pesan tersebut sang pemburu tadi melepaskan Hantu Parau yang terjerat tadi. Cerita ini biasa disebagai cerita hikmah yang sering di ceritakan untuk anak-anak SAD.

Sumber :Bang Zakaria

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s