De Crakers Of Indonesia “Bisnis Ethic *Liputan asyik

Assww.

DeaRR—

Beberapa minggu yang lalu, salah satu dari Al-Ardvici SAD Ringke2 Mengikuti agenda pelatihan BISNIS ETHIC. Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan yang di berikan secara rutin oleh Bank Mandiri terhadap Wirausaha Muda Mandiri untuk angkaan 2010.

Agenda Bisnis Etik dilaksanakan di Rumah Perubahan, Prof. Rhenald Kasali, guru besar Universitas Indonesia. Kali ini daku mengikuti agenda pelatihan tersebut yang berlangsung selama 5 hari-yang berlokasi di Bekasi-Jati  Warna.

Rumah Perubahan yang tenang. Aku sangat menyukai suasana seperti itu, bila dibandingkan harus tidur di hotel berbintang! Maka aku akan memilih untuk menghabiskan waktuku di Rumah Perubahan. Suasana yang begitu asri. Suara angklung menari dan berdenting-denting satu sama lain. Sungguh! Aku benar-benar menikmati suasana di Rumah itu. Petugas dan karyawan pun sangat ramah luar biasa.

Tepat saat memasuki pintu gerbang yang terbuat dari kayu kita akan disambut sebuah tulisan Unik. Aku pun sempat jatuh cinta dengan tulisan itu. Tepatnya “Nilai pada rangkaian huruf itu.” Ia menggodaku. Really  ^^

Disana aku merasakan sebuah rumah yang penuh dengan kasih sayang. Tidak ada kesombongan. Sangat mengagumkan. Pertama kali datang aku bersama 4 orang rekanku, 3 dari Bali dan 1 dari Banjarmasin. Jadi kami adalah peserta yang pertama kali tiba di Rumah “Indah” itu. Thank U Kadek dan Adit CS ( plus Beli Gusti dan Made), sudah membantu pejalananku yang memabukkan, sungguh! Sangat menyiksa perjalanan dalam keadaan mabuk tak menentu seperti itu.

Tepat di sisi kanan pagar besar kita tak akan meninggalkan Lokasi untuk tidak menggambil gambar di lokasi itu. Sangat menarik dan mengesankan. Tempat dimana dulu aku melihat Pak Dede dan Pak Agus pun mengabadikan gambar mereka di tempat itu. Maka aku pun melakukan hal yang sama. Berfoto dan mengabadikan diri tepat dibawah tulisan ini

4 Entrepreneurs

Banyak hal untuk tidak diambil percuma di sana, sangat banyak. Terutama suara angklung yang membuat suasana menjadi dingin dan ademm, ayeem sekali. Aku merasa berada diantara sawah yang menghamparrr luassss. Rabbi….kapan ya bisa sampai di tengah pematang sawah yang hijau menari-nari….Aku selalu membayangkan dan bermimpi bisa berdiri di tengah sawah yang hijau menghamparrr…

Angklung itu sepertinya sengaja di desain, ia menari dengan lincah di pohon2 besar, di sudut atap, bahkan di sepanjang beranda tempat ku dan rekan-rekan menikmati suguhan makanan lezat dari RP (Rumah Perubahan). Aku menyempatkan untuk mengambil gambar angklung yang menyundul pondok di atas kolam ikan Nila..Cantikk Sekali.

Angklung Yang Menari

Angklung Yang Menari

Disini aku juga sempat bermain-main bersama 3 rekanku. Kadek dari Bali, Virdy Jogja dan Kak Peni dari Jkt. Benar-benar suasana yang tenang buat rehat dari segala kesibukan yang melelahkan jasad. Anginnya sangat bersahabat, tak henti ia meliuk-liuk diantara kami berempat. Yang paling seru, aku sempat memasukkan kakiku si SPA IKAN TURKI—Hai2…itu sangat SerU. Karena bisa membersihkan kulit dari jamur2 ktanya. Lucu sekali.

Selama beberapa hari kami mengikuti Training–pembicara yang sangat akrab dan rendah hati–Terutama Prof. Rhenald Kasali guru besar Universitas Indonesia, entahlah, kata-kata beliau sangat teliti dan indah sekali. rasanya tak ada satu huruf pun yang tidak bermanfaat. Aku sungguh sangat amat Terkesan! Sangat bijak dan santun. Mendengarkan belaiau bertutur seakan waktu siap untuk menjadi 3×24 Jam. Tidak ada kata “Membosankan.” Aku ingin belajar lebih banyak dari beliau.

Bersama Prof. rhenald

Bersama Prof. rhenald

Aku belajar banyak hal dengan Mr . Rhenald. Banyak sekali. Terutama tentang membangun sebuah Usaha Bisnis. “Kekayaan itu bukanlah tujuan dari sebuah usaha, ia nya adalah sebuah akibat dari sebuah usaha, bangunlah nilai-nilai dalam usahamu, dan nikmatilah prosesnya. Maka akan baik pada akhirnya.” Itulah sepenggal pesan yang hingga sampai saat ini masih aku simpan dengan sangat baik di sni, di hatiku. Juga hati2 kami. Para “Crakers” Indonesia—insya Allah.

Berbisnis itu memiliki etika, seperti apa? — *Bersambung

SeMangat Perubahan

SeMangat Perubahan

Wait our story in the next chance ^^

Evi Marlina Al-Ardvici Kreatif

Tinggalkan Balasan

